Pengertian Tentang Istilah Multicore, Multiprocessor, Multitasking, dan Multithreading

Posted by ujik sugiant 21 May 2013 0 comments
Bagikan Artikel Ini :
OFORTEK - Pengertian Tentang Istilah Multicore, Multiprocessor, Multitasking, dan Multithreading
Multi sendiri merunjuk pada definisi jamak, yaitu kumpulan yang tediri dari dua objek atau lebih, Misalnya, multiprocessor artinya dua processor atau lebih pada sebuah sistem komputer. Dengan ini ofortek akan membahas beberapa definisi dari Multicore, Mutliprocessor, Multitasking dan Multithreading. yang barusan saya baca untuk berbagi buat sobat semuanya. Langsung saja simak dibawah ini.

Multicore
Multicore merupakan sebuah processor yang memiliki dua atau lebih inti processor (core). Turunannya bisa menjadi Dual Core (Dua Core), Quad Core (Empat Core) dan seterusnya. Bahkan saat ini ada sebuah processor dengan 60 inti processor didalamnya, sperti Intel Xeon Phi.

multicore
Sesuai namanya, inti processor merupakan mesin pengelola utama didalam processor. Yang tugasnya melakukan pengolahan aplikasi. Semakin banyak jumlah core, maka makin baik performa processor tersebut, karena aplikasi dikerjakan oleh banyak pengelolah.

Processor Intel rata-rata menggunakan Dual Core, misal Intel Atom, Pentium, dan Core i3.

Zama dulu, processor masih menggunakan Single Core sehingga bekerja kurang efisien, Banyak aplikasi hanya dijalankan satu mesin, sehingga sering terjadi "bottle-neck" dan berpengaruh pada performa secara keseluruan.

Jumlah core juga dapat dihitung per-system komputer. misalnya sebuah Sever Intel berbasis Processor Xeon E5 Dual Processor Configuration berarti memiliki 12 core didalamnya. ini dihitung dari masing-masing processor E5 yang memiliki 6 core didalamnya.

Multiprocessor
Multiprcessor merupakan sebuah sistem komputer yang memiliki dua atau ebih processor didalamnya. Atau sebuah komputer yang meimiliki dua atau lebih socket processor.

multiprocessor

Multiprocessor umumnya digunakan oleh server dengan kemampuan komputasi tinggi. Sebagai contoh Processor Intel Xeon E5 bisa dipasang dalam konfigurasi Dual Processor. Bahkan bisa ditambah dengan processor tambahan (coprocessor) Intel Xeon Phi dengan slot PCI. Multiprocessor memiliki karakterisktik seperti gambar disamping kanan ini. Processor utama harus dalam konfigurasi identik, atau kedua processor termasuk dalam jenis yang sama.

Socket adalah tempat dimana processor dipasang. Jika sistem bisa dikonfigurasi dalam mode Dual Processor, Artinya motherboard memiliki Dual Socket didalamnya, Walau memiliki konfigurasi dual processor, sistem tetap bisa berjalan (running) dengan satu processor.

Multitasking
Multitasking merupakan kemampuan sistem komputer menjalankan dua atau lebih aplikasi dalam waktu bersamaan. Multintasking biasanya merujuk pada kemampuan processor. Dengan adanya teknologi Dual & Quard Core, maka processor bisa melakukan eksekusi banyak aplikasi sekaligus.

- Multitasking berjalan pada dual processor dengan konfigurasi dual core/dual processor atau lebih.
- Hampir semua processor yang ada saat ini sudah memiliki kemampuan multitasking.

Multitasking juga harus didukung oleh kemampuan Operating System & Aplikasi yang berjalan diatasnya.

Multithreading
Multithreading berasal dari istilah "Hyperthreading" yaitu sebuah processor denga teknologi yang membuat satu processor deikenali sebagai dua processor secara virtual.

multithreadingPengertian teknisnya adalah, sebuah processor hyperthreading bisa menyalurkan dua aliran data (thread) sekaligus dalam satu waktu. Tujuannya agar eksekusi apliaksi menjadi lebih efisien & ringan, terutama untuk multitasking.

- Hyperthreading pertamakali diperkenalkan oleh Intel pada Processor Intel Pentium 4 HT, setalah itu hampir sebagian besar processor intel telah mengguakan Hyperthreading didalamnya.
- Pengertian Multithreading adlah sekumpulan hyperthreading pada beberapa core. Sebagai contoh, Processor Intel Core i7 memiliki Quard Core, maka hyperthreadingnya juga ada 4 inti, Sehingga processor ini dikenal sebagai processor dengan 8 core, yang mana 4 core asli dan 4 core hyperthreading.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengertian Tentang Istilah Multicore, Multiprocessor, Multitasking, dan Multithreading
Ditulis oleh ujik sugiant
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara dan Jangan sungkan untuk mengomentari. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://ofortek.blogspot.com/2013/05/pengertian-tentang-istilah-multicore.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews